Home » » Bintang Lapangan: Alessandro Del Piero

Bintang Lapangan: Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero lahir pada tanggal 9 November 1974 di Conegliano Veneto, Italia. Sebagai seorang second striker ia cukup kreatif membantu serangan, membuat assist dan mencetak gol. Kemampuannya dalam mengambil tendangan bebas maupun penalti juga tidak perlu diragukan lagi. Bagi para Juventini tentu sudah terbiasa melihat skil dan kemampuannya tersebut dilapangan. Ia lebih berperan sebagai pencipta serangan daripada penyelesai serangan, namun demikian bukan berarti dia tidak pernah menjadi pencetak gol terbanyak. Buktinya pada musim 2007-2008, pemain ganteng ini menjadi Top Skor Liga Italia (Capocanonieri). Pada 10 Januari 2006, ia menorehkan sejarah klub dimana ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah bagi Juventus setelah mengoleksi 199 gol dalam 13 tahun sebagai pemain Juventus. Alex dikenal sebagai pemain yang memiliki loyalitas yang tinggi kepada klub nya Juventus. Itu ia buktikan dengan tidak pernah berseragam klub lain selain Juve selama kurang lebih 19 tahun bahkan ketika klub asal kota Turin tersebut terkena kasus dan harus membuat mereka terdegradasi ke serie B karena kasus calciopoli pada tahun 2006.

Namun seiring berjalannya waktu regenerasi yang dilakukan Juventus membuatnya kalah bersaing dengan talenta-talenta muda dalam mengisi skuad utama Si Nyonya Tua. Hal inilah yang membuatnya tak lagi mendapatkan perpanjangan kontrak di Juventus seperti hal yang selalu ia dapatkan pada masa-masa yang lalu, yang kemudian membawanya hengkang dan terbang ke Australia untuk bergabung bersama salah satu klub di Negara tersebut, Sydney FC. Pemain yang akrab disapa Alex ini mulai bermain bola pada usia 7 tahun dan menempati posisi kiper karena ibunya menganggap posisi itu paling aman. Kemudian kakaknya, Stefano, melihat kemampuannya dalam menyerang. Sejak saat itu Del Piero pindah ke posisi penyerang. Alex memulai karir profesionalnya pada tahun 1991 bersama Padova yang berlaga di Liga Italia Serie B.

Pada tahun 1993, ia pindah ke Juventus. Debutnya terjadi pada bulan September 1993 melawan Foggia. Gol pertamanya terjadi saat melawan Reggiana di mana dia tampil sebagai pemain pengganti. Pada penampilan pertamanya sebagai starter ketika melawan Parma dia berhasil mencetak hat-trick. Scudetto pertamanya didapatkan pada tahun 1995. Berikutnya dia juga ikut merasakan gelar Liga Champions 1996 dan Piala Intercontinental 1996. Debut Del Piero bersama timnas Italia berlangsung di ajang Piala Eropa 1996, di mana dia tampil di babak pertama melawan Rusia. Del Piero juga turut membantu timnas Italia memenangkan Piala Dunia 2006 lalu dengan sebuah golnya ke gawang Jerman yang membuat Italia unggul 2-0 atas tim panser.

Galeri photo Del piero:

 Nomor punggung 10 di Juve

 Bersama sang senior Roberto Baggio

 Saat berlatih bersama timnas Italia

Saat bermain untuk Timnas Italia

 Idola publik Turin

 Del piero remaja dengan jersey Juventus

Saat Del piero masih kecil

 Del piero remaja saat membela timnas Italia

 Del piero tampil rapi dengan jas

Waktu belum terkenal nih

2 komentar:

  1. Pemain konsisten terbaik tenang dengan berlari menggiring sambil melihat bola yang saya sukai.smooth.pemain yang selalu saya kangen i

    BalasHapus