Home » » Candi Prambanan

Candi Prambanan

 Numpang Foto di Prambanan (2007)

Candi Prambanan merupakan salah satu obyek wisata andalan Indonesia. Candi Prambanan secara administratif terbagi menjadi dua bagian, yaitu antara Sleman, Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah. Letaknya yang strategis yakni tepat di tepi jalan raya Jogja-Solo membuat kompleks Candi Prambanan mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Candi yang merupakan peninggalan kebudayaan Hindi terbesar di Indonesia ini terdiri tiga candi utama yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Candi-candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. Ketiganya menghadap ke timur. Setiap candi memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat.

Candi Prambanan memang benar-benar memiliki pesona keindahan yang tak kalah dengan pesona keindahan yang dimiliki Candi Borobudur. Bangunan candi utama dan candi-candi lain disekitar kawasan benar-benar memberikan pemandangan yang menarik, ditambah lagi dengan taman rumput dan pepohonan yang luas dan bersih menambah rasa nyaman bila berkunjung ke tempat wisata ini. Karena lokasinya yang mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya, saya pernah beberapa kali berkunjung ke candi yang konon menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik ini. Pada saat musim liburan, sama dengan candi Borobudur, candi Prambanan pun ramai oleh pengunjung. Dan menurut saya waktu yang paling asik untuk berkunjung kemari adalah pagi atau sore hari, karena kalau siang hari akan terasa panas sekali kala naik ke kawasan candinya.



Dengan background taman Candi Prambanan yang asri

0 komentar:

Posting Komentar