Home » » Merenung, dan kemudian Bersyukurlah

Merenung, dan kemudian Bersyukurlah


Ilustrasi

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya (karena banyaknya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyayang.
(Surat An Nahl: 18)

"Maka nikmat Tuhan kalian yang manakah yang kalian dustakan?"
(Ar-Rahman: 13)

Dan Allah akan memberi balasan dan menambah nikmat-Nya kepada orang-orang yang bersyukur.
(Surat Ali Imran: 144)

Bersyukur merupakan rasa terima kasih yang mendalam atas pemberian dari Tuhan, tak bergantung bentuk dan rupa pemberian tersebut. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan terus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dengan cara beribadah, beramal, berbuat baik, dan lain sebagainya. Terkadang kita kerapkali memikirkan sesuatu yang telah hilang atau bukan milik kita, sehingga membuat kita lupa mensyukuri apa yang sedang kita miliki saat ini.

Saat kita memiliki kelebihan, bersyukurlah karena kelebihan itu. Saat kita memiliki kekurangan, bersyukurlah karena dengan kekurangan itu ekita diberikan kesempatan untuk terus belajar menjadi lebih baik, karena pada dasarnya tak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Anda mungkin pernah mendengar qana'ah? Apa itu qana'ah? Qana’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidakpuas dan perasaan kurang. Orang yang memiliki sifat qana’ah memiliki pendirian bahwa apa yang diperoleh atau yang ada didirinya adalah kehendak Allah SWT.

Untuk itu sebaiknya beberapa sikap berikut yang bisa mengakibatkan mengikisnya rasa syukur kita atas nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada kita.
1. Mengeluh
2. Mengecil-ngecilkan nikmat yang diberikan Tuhan
3. Ingin memiliki seperti apa yang orang lain miliki
4. Kikir

Melihatlah ke atas untuk kau jadikan sebagai motivasi untuk berhasil, dan melihatlah ke bawah agar kau sadar betapa Tuhan menciptakanmu dalam kondisi yang sebaik-baiknya. Dalam kondisi apapun, tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Oleh kerana itu, renungkan dan kemudian bersyukurlah.

0 komentar:

Posting Komentar