Home » » Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak, tentu saja orang Indonesia sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Sirsak mempunyai rasa yang enak (menurut ane), hehe.. Selain itu sirsak ternyata memiliki manfaat yang banyak. Dahulu waktu ane masih kecil, di rumah ane banyak banget pohon sirsak, saking banyaknya sampai-sampai pohonnya sering di tebang dan buahnya pun tidak di petik n pada dimakanin ama burung ato tupai (bajing). Namun sekarang ane baru tahu ternyata sirsak punya manfaat yang luar bisa, khususnya daunnya (seperti yang akan kita bahas dalam postingan ini).



Sirsak atau yang dikenal juga dengan sebutan nangka belanda (Annona muricata) adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.  Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.



Adapun beberapa manfaat daun sirsak yang saya ambil dari beberapa sumber adalah sebagai berikut:

- Untuk Pengobatan Penyakit Kanker: 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari. Daun sirsak ini informasinya mempunyai sifat seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat.

- Mengobati Sakit Pinggang: Ambil 20 lembar daun sirsak, lalu direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tinggal3 gelas, diminum setelah dingin 1 kali sehari 3/4 gelas.

- Pengobatan Bayi Mencret: Ambil Buah sirsak yang telah masak dan selanjutnya buah sirsak tersebut diperas dan disaring untuk diambil airnya saja, Berikan dengan cara meminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 3-4 sendok makan hingga sembuh penyakitnya.

- Mengobati Penyakit Liver: dibuat jus dan diminum secara teratur selama 1 minggu.

- Obat Ambeien: Ambil buah sirsak yang sudah masak. Lalu peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

- Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.

-  Membantu menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, membantu menghambat perkembangan parasit, membantu menghambat, membantu merileksasi otot, membantu meredakan nyeri, dan menurunkan kadar gula darah

- Sakit Pada Kandung Air Seni: Ambil buah sirsak setengah masak, gula pasir dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tadi dimasak seperti membuat kolak. Dimakan biasa dan terus dilakukan secara rutin setiap hari selama kurang lebih 1 minggu berturut-turut.

Perhatian: Bagi anda yang mempunyai bibit penyakit malaria diharapkan berhati-hati mengkonsumsi buah sirsak, karena dikhawatirkan rasanya yang asam dapat membangkitkan penyakit malaria anda.

0 komentar:

Posting Komentar