Home » » Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor

Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor

Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor
Rafie dan adik2nya di Taman Safari Indonesia, Cisarua

Taman Safari Indonesia berada di tiga lokasi berbeda. Yang pertama di Bogor, Jawa Barat. Yang kedua berada di Tretes, Jawa Timur. Dan yang ketiga berada di Bali. Dan yang ingin saya posting kali ini adalah Taman Safari Indonesia yang terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Propinsi Jawa Barat yang merupakan lokasi pertama berdirinya Taman Safari di Indonesia. Taman Safari Indonesia Cisarua ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 1986 dengan menempati areal seluas 138,5 Ha. Taman Safari banyak mengkoleksi beragam jenis binatang yang tak hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan juga satwa langka mancanegara dan pengunjung dapat menyaksikan satwa-satwa tersebut dibiarkan bebas seperti habitat aslinya.

Dengan menggunakan kendaraan roda empat, pengunjung dapat menyusuri rute untuk melihat lebih dekat binatang-binatang yang mungkin selama ini mereka lihat hanya di gambar atau televisi. Sepanjang jalan pengunjung akan disambut oleh banyak jenis hewan yang masuk kategori hewan jinak maupun hewan kategori buas. Untuk kategori yang pertama pengunjung bisa melihat beberapa hewan seperti zebra yang biasanya bila sedang lapar mereka akan untuk menjulurkan kepalanya ke jendela mobil pengunjung sambil berharapmendapatkan makanan. Pada bagian hewan jinak seperti ini, pengunjung dapat membuka kaca mobil dan memberi makanan kepada satwa. Namun pada saat memasuki zona binatang buas seperti macan tutul, harimau, singa dan beruang sebaiknya kaca mobil anda tutup rapat-rapat ya. Hehe…

Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor

Ada cara lain untuk menikmati suasana Taman Safari yakni dengan berjalan kaki. Disini tersedia jalur khusus pejalan kaki untuk melihat binatang dari atas yang disebut Safari Trek. Pada rute pengunjung akan ditemani pemandu, dan akan melewati air terjun serta dapat mencoba beberapa permainan seru nan menantang seperti flying foxes, rope climbing dan permainan lainnya. Melalui Safari Trek pengunjung bisa lebih merasakan suasana sejuk pegunungan, dan indahnya pemandangan memanjakan mata. Cara menarik lain yang tak kalah seru yang juga bisa menjadi pilihan ketika anda berkunjung kesini adalah melewati hutan di Taman Safari dengan “Elephant Trail”. Disini, pengunjung dapat menunggang gajah untuk menyusuri hutan dengan ditemani oleh seorang pemandu/pawang.

Di Taman Safari ini pengunjung juga bisa memasuki wahana Baby Zoo. Disebut Baby Zoo, karena di dalamnya terdapat beberapa jenis anak satwa. Di wahana ini pengunjung dapat berfoto dengan anak satwa. Pengunjung dapat memilih untuk berfoto dengan anak singa, anak macan tutul, bayi orang utan, atau anak harimau. Sebuah pengalaman yang akan sangat berkesan tentunya bagi putra putri anda. Seperti yang sering anda temui di Kebun Binatang, di Taman Safari juga ada pertunjukan satwa. Berbagai atraksi binatang dapat pengunjung saksikan secara gratis disini. Ada atraksi gajah, harimau, aneka satwa burung, lumba-lumba dan singa laut. Pertunjukan berlangsung 2 sampai 3 kali sehari dengan jam pertunjukan yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola. Beberapa fasilitas lain yang ada di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor ini adalah bus safari, kolam renang dengan seluncur ombak, danau buatan, sepeda air, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, kincir raksasa, kuda tunggang, komedi putar, area gocart, kesenian tradisional, animal education show, children’s play ground, air terjun dan toko-toko souvenir yang menjual boneka binatang, kaos atau souvenir lain yang dapat dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan dari Taman Safari.

Peta Taman Safari Indonesia
Peta Taman Safari

Selain sebagai lokasi rekreasi, Taman Safari Cisarua juga mempunyai beberapa fungsi lain yaitu ikut aktif didalam membantu usaha perlindungan dan pelestarian satwa. Tentu masih banyak hal seru dan menarik yang ada di Taman Safari Indonesia yang tak bisa saya tulis semua secara lengkap dan detail karena keterbatasan yang saya ketahui Taman Safari, untuk itu silahkan datang dan buktikan saja sendiri. Hehe…

0 komentar:

Posting Komentar