Home » » Candi Plaosan

Candi Plaosan

Candi Plaosan
Candi Plaosan

Setelah bertahun-tahun tinggal di Jogja akhir nya saya berkunjung juga ke Candi yang satu ini. Yup, Candi Plaosan, sesuai dengan judul postingan kali ini. Sebenarnya sih udah lama pengen maen ke candi yang kata temen-temen sih gak kalah bagus ama candi-candi lain nya. Saat berkunjung ke candi ini saya datang bersama istri dan anak saya, temen saya Resha serta suaminya Galih dan adiknya Andika. Kami datang kesini pada hari libur yakni hari minggu, sekitar jam 10 pagi sudah sampai dilokasi setelah melalui perjalanan yang tidak terlalu jauh yakni sekitar setengah jam. Selama kami berada di candi Plaosan ini, kalo gak salah sih mungkin sekitar 2 jam tidak terlihat banyak pengunjung datang ke candi ini. Hanya ada beberapa wisatawan local dan beberapa turis asing saja yang sempat saya lihat memasuki kawasan candi Plaosan ini. Mungkin karena pada saat itu belum musim liburan, jadi sepi deh.

Candi Plaosan
Candi Plaosan tampak depan

Saya sampai ke candi ini cuman ngikutin petunjuk Galih sang penunjuk jalan yang sebelumnya sudah pernah beberapa kali ke Plaosan. Jadi gak tau persis alamat candi ini terletak, dan setelah googling baru deh dapet alamatnya, ni dia ni alamat candi Plaosan, Dusun Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, terletak di perbatasan Jawa tengah dan Yogyakarta dan tidak jauh dari lokasi Candi Prambanan. Bisa dicatet tuh bagi temen-temen yang punya rencana mau berkunjung kesini.
Candi Plaosan dibagi menjadi dua area yang dipisahkan jalan besar, yaitu Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan).

Narsis rame-rame

Candi Plaosan disebut juga candi kembar. Disebut kembar karena bentuk dan ukuran kedua candi ini sama. Pembeda kedua candi ini adalah ornamen dan reliefnya masing-masing. Jarak antara Candi Plaosan Lor dan Kidul adalah sekitar 20 meter dan dipisahkan oleh sebuah tembok pembatas dari batu yang mengelilingi masing-masing candi. Pada tembok pembatas tersebut, terdapat sebuah pahatan gapura yang berfungsi sebagai penghubung sekaligus sebagai jalan keluar dan masuk menuju halaman masing-masing candi. Candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani ini merupakan perpaduan Hindu dan Budha.


Selain menjadi tujuan wisata oleh para wisatawan lokal maupun asing, Candi Plaosan juga merupakan tempat yang sangat bagus sebagai lokasi pemotretan dan menjadi objek yang bagus bagi mereka yang mempunyai hobi photography.




0 komentar:

Posting Komentar