Home » , » Borobudur Magelang, Jateng

Borobudur Magelang, Jateng

 Foto dulu lah mumpung di Borobudur

Pesona keindahan candi Borobudur sudah terdengar sampai ke mancanegara. Tak hanya wisatawan lokal yang datang mengunjungi candi ini, namun jika anda berkesempatan datang dan berkunjung kesini, anda akan sangat mudah bertemu wisatawan dari berbagai macam negara yang datang berkunjung kesini.

Seperti yang kita ketahui bahwa borobudur merupakan candai paling terkenal di Indonesia, yang dulu nya pernah masuk kedalam salah satu keajaiban dunia. Candi borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.

Karena keindahan dan kemegahannya, Borobudur memang sudah dikenal di seluruh dunia dan merupakan salah satu tujuan wisata andalan Indonesia. Selain sebagai tempat wisata, Candi Borobudur digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan umat Budha untuk memperingati Hari raya Waisak. Tiap kali kesini saya selalu aja nyampe nya siang, jadi panas. Saya rasa klo menikmati sunset atau mengunjungi Borobudur pada saat sore hari tentu akan lebih asik kali ya. Tempat wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung, baik itu dari Indonesia maupun mancanegara. Dan Candi Borobudur akan sangat ramai dikunjungi terutama pada saat musim liburan sekolah.

Pada kesempatan kali ini saya datang berkunjung bersama keluarga. Untuk sampai ke kawasan Candi Borobudur, kami membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Yogyakarta. Kami memulai perjalanan dari Yogyakarta sekitar pukul 9 pagi, dan tiba di lokasi sekitar jam 11 siang.

Di bawah teriknya panas matahari, kami langsung menuju lokasi candi dan naik keaatas candi dengan semangat meskipun siang itu cuaca sangat lah panas. Ini dia beberapa penampakan kenarsisan saya beserta rombongan.

Kalo siang mending bawa payung soalnya panas banget kalo dah diatas candi


 

 

 


Sama adik sepupu saya

0 komentar:

Posting Komentar